Sunday, November 3, 2019

Waspadai Gejala Gangguan Pada Lambung




Waspadai Gejala Gangguan Pada Lambung – Rasa sakit yang di alami paling ringan adalah maag. Namun jika maag ini sering di sepelekan maka akan terjadi yang namanya peradangan pada dinding lambung yang dikenal dengan Gastristis. Penyakit gastristis disebabkan karena kadar asam klorida dan Hcl terlalu tinggi.

Sebenarnya banyak sekali penyakit yang kemungkinan bisa terjadi di bagian perut. Anda bisa konsultasikan dengan dokter spesialis asam lambung atau dokter spesialis saluran pencernaan karena lambung merupakan salah satu sistem pencernaan dalam tubuh manusia.

Waspadai Gejala Gangguan Pada Lambung


Gangguan pada lambung yang muncul secara perlahan dan berkembang dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan maag kronis atau gastristis kronis. Ketika penyakit ini muncul maka penderita akan mulai merasakan gejala – gejala yang tidak biasa tapi bahkan ada juga yang tidak terlalu ekstrim. Beberapa di antaranya yaitu :
  1. Nyeri pada bagian perut atas.
  2. Hilangnya nafsu makan.
  3. Perut terasa begah setelah makan.
  4. Mulai terasa kembung pada perut.
  5. Mual dan muntah.
  6. Penurunan berat badan karena kurangnya nafsu makan dan muntah secara berkala.


Gejala tersebut jika dibiarkan akan menimbulkan pendarahan bahkan bisa terjadi komplikasi seperti tukak lambung, gastristis atrofi, anemia, kekurangan vitamin B12, dan kanker. Kalau sudah separah ini biasanya dilakukan tindakan operasi oleh dokter spesialis bedah tangerang.

Penyebab Penyakit Gastristis


Dari semua gejala yang dirasakan oleh penderita gastristis, tentu ada penyebab yang memicu gastristis itu timbul. Bukan hanya karena peningkatan produksi asam lambung saja tapi ada pemicu lainnya juga. Berikut penyebab timbulnya penyakit gastristis.

1. Infeksi bakteri Heliobacteri Pylori

Bakteri ini yang bisa menimbulkan iritasi dan luka pada lapisan lambung. Hal tersebut merupakan penyebab paling umum dan bisa ditularkan melalui makanan, air minum, air liur atau apapun itu yang berupa cairan dari tubuh. Komplikasi yang terjadi bisa seperti tukak lambung, tukak usus, dan kanker lambung.

2. Iritasi pada lapisan lambung

Ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan iritasi seperti yang ditimbulkan dari bakteri Heliobacteri Pylori. Namun iritasi timbul karena berlangsung terus –menerus, seperti :
  • Penggunaan obat non – steroid anti – inflamasi (NSAID) jangka panjang, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen.
  • Stress parah
  • Paparan radiasi langsung
  • Cairan empedu yang masuk ke dalam lambung
  • Terlalu sering dan banyak minum alkohol

3. Reaksi Autoimun

Kenapa bisa terjadi gastristis? Karena sistem kekebalan tubuh justru menyerang lapisan dinding lambung yang sehat, akibatnya sel – sel tersebut mengalami kerusakan, contohnya sel parietal. Sel ini berperan dalam proses penyerapan vitamin B12. Akhirnya karena sel parietal ini terganggu anda akan beresiko mengalami anemia pernisiosa. Gejala yang ditimbulkan akibat dari anemia pernisiosa yaitu:
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Napas pendek, apalagi saat berolahraga
  • Diare
  • Kuku mudah rapuh dan kulit lebih kering dari biasanya
  • Konsentrasi mulai terganggu
  • Tubuh terasa lemas dan lemah

Bagi anda yang mengalami maag kronis atau belum mengalami sebaikknya batasi makanan – makanan berikut ini untuk mencegah timbulnya penyakit maag. Apa saja sih makanannya? Oke sedikit penjelasan.


  • Susu

Kenapa susu? Bukankah meminum susu baik untuk tubuh? Memang susu baik untuk tubuh, tapi untuk penderita maag sebaiknya jangan minum susu secara berlebihan atau bisa dikonsumsi jarang saja karena susu dapat meningkatkan sekresi asam lambung.

  • Alkohol

Bukan hanya maag saja tapi alkohol juga pemicu penyakit lainnya seperti hati. Dokter spesalis kanker hati menjelaskan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit hati adalah karena terlalu sering mengkonsumsi alkohol.

Baca Juga : Mencegah Penyakit Kanker Hati

  • Kopi

Makanan pedas dan berlemak
Makanan pedas ini juga bisa merusak bukan hanya lambung tapi sistem pencernaan lainnya, karna yang terjadi di dalam tubuh adalah hawa panas dari pedas makanan yang anda makan. Makanan yang mengandung lemak pun bisa berakibat obesitas, kolesterol, dan lain – lain.

  • Makanan Bergas

Makanan ini bisa kita temukan pada jenis tape, sayuran kol, sawi, buah nangka, pisang ambon, kedondong, serta minuman bersoda.

  • Sumber Karbohidrat

Hindarilah beberapa makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, dodol, dan sumber karbohidrat lainnya.

  • Kurangi daging merah

Karena daging ini akan butuh waktu yang sangat lama dicerna sehigga lebih banyak asam yang dilepaskan untuk mencernanya.

Bagi anda yang menderita penyakit maag, dokter spesialis asam lambung menyarankan untuk mengkonsumsi kubis, lobak, apel, bluberry, raspberry, stroberi, ceri, paprika, wortel, brokoli, minyak zaitun, madu, bawang putih, teh hijau, dan kunyit. Makanan tersebut dapat melawan bakteri penyebab maag.

No comments:

Post a Comment