Wednesday, November 13, 2019

Kenali 5 Ciri – Ciri Penyakit Wasir

Kenali 5 Ciri – Ciri Penyakit Wasir


Kenali 5 Ciri – Ciri Penyakit Wasir – Wasir atau ambeien dalam bahasa kedokteran disebut sebagai hermorroid. Meskipun penyakit ini bukan termasuk dalam kelompok yang parah, namun anda harus mengetahui apa itu penyakit wasir? apa yang dapat menimbulkan penyakit wasir?.

Wasir merupakan kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar mengalami pembengkakan. Jarang sekali orang memperhatikan ciri – ciri yang dialami apabila orang tersebut mengidap penyakit wasir. Karena terkadang penyakit ringan ini juga tidak menimbulkan gejala – gejala terkecuali wasir yang sudah akut.

Kenali 5 Ciri – Ciri Penyakit Wasir


Penyakit wasir ini umumnya di tandai dengan adanya darah yang keluar ketika hendak membuang air besar. Biasanya berbarengan dengan feses atau juga keluar cairan berupa tetesan darah yang mengalir dari dubur. Adapun ciri lain dari penyakit wasir, yaitu:

  1. Rasa mengganjal saat buang air besar.
  2. Rasa tidak nyaman di anus
  3. Prolapse, biasanya prolapse ini terjadi pada seseorang yang sudah menderita ambeien apda stadium lanjut yaitu stadium II-IV
  4. Pada penderita ambein kronis akan mengalami anemia
  5. Infeksi atau peradangan disekitar dubur

Dari kelima ciri tersebut pasti ada faktor penyebabnya di mana hal itu adalah karena pola diet yang rendah serat, diare yang kronis (buang air besar terus menerus), jarang olahraga, aktivitas duduk dan berdiri terlalu lama, mengangkat beban terlalu berat, serta faktor keturunan dan usia lanjut yang menyebabkan degenerasi dari otot sfingter anus.

Dari salah satu ciri dan memang faktor penyebabnya sesuai dengan yang anda lakukan, maka segeralah lakukan pengecekkan dengan dokter spesialis wasir atau dokter spesialis ambeien. Pengecekkan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah butuh tindakan lanjut atau hanya pengobatan biasa.

Pengobatan Pasien Penderita Ambeien


Pengobatan yang dilakukan oleh dokter spesialis wasir tergantung dari tingkat derajat ambein nya. Dokter tidak sembarangan dalam mengambil tindakan, semua butuh proses pemeriksaan yang lebih teliti disesuaikan dengan prosedurnya. Adapun cara pemeriksaan yang dapat dilakukan yaitu:

  • Dokter akan menanyakan riwayat yang pernah di derita pasien
  • Pemeriksaan fisik yaitu dengan inspeksi dan rektaltouche
  • Pemeriksaan dengan teropong yaitu berupa anuskopi atau proktoskopi dan rektoskopi
  • Rontgen atau Colonoscopy
  • Serta pemeriksaan darah, urin, feses untuk penunjang hasil pemeriksaan

Kenali 5 Ciri – Ciri Penyakit Wasir
Sumber : spesialisbedah.com


Apabila wasir sudah berada pada tingkatan hemorrhoid II sampai IV maka perlu dilakukan tindakan operasi oleh dokter bedah pencernaan. Anda bisa lakukan tindakan oleh dokter mana saja. Bisa dengan dokter spesialis bedah Tangerang, Jakarta, atau yang lainnya tergantung di mana anda tinggal.

Dokter bedah pencernaan akan membuat sayatan kecil untuk membuang benjolan di anus kemudian dijahit kembali. Setelah menjalani operasi, biasanya pasien diberikan anjuran untuk menghindari mengejan terlalu keras sehingga dokter akan memberikan obat pencahar, perbanyak makanan yang berserat, dan hinder duduk atau jongkok terlalu lama.

Bagaimana Mencegah Wasir?


Anda bisa mencegah wasir atau ambein dengan mengatur pola hidup sehat yang utama, harus mengkonsumsi makanan berserat, perbanyaklah minum air putih, jangan sering – sering menunda buang air besar karena hal tersebut bisa membuat feses yang keluar itu keras karena penumpukkan.

Kenali 5 Ciri – Ciri Penyakit Wasir


Nah, untuk anda yang merasakan gejala – gejala seperti yang disebutkan di atas, segera konsultasikan kepada dokter spesialis ambeien untuk mengetahui kelanjutannya lebih jelas. Karena gejala dengan keluarnya darah pada anus merupakan salah satu gejala yang dialami penderita kanker, tapi penyakit wasir tidak akan berubah menjadi kanker

No comments:

Post a Comment