Wednesday, September 18, 2019

Mencegah Penyakit Kanker Hati




Mencegah Penyakit Kanker Hati – Kanker hati merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, bisa karena faktor keturunan juga. Faktor keturunan ini biasanya dari penyakit lain yang bisa mengakibatkan kanker hati, misalnya kanker hati ini erat kaitannya dengan penyakit Hepatitis B atau dengan timbulnya sirosis hati. Penyebab lainnya yang menimbulkan kanker hati adalah minuman beralkohol, hepatitis B, hepatitis C.

Mencegah Penyakit Kanker Hati


Kanker hati ini bisa dicegah dengan mengurangi minuman beralkohol, sedangkan hepatitis B ini merupakan virus yang terdapat di dalam darah yang bisa ditularkan dengan berhubungan seksual, baik secara anal, vaginal, maupun oral. Pokoknya kalian jangan pernah menyentuh darah siapapun karena kita tidak tahu darah yang dimiliki orang lain itu ada virus atau bakteri yang bisa menyerang tubuh orang lain juga atau mungkin saja bersih.

Dokter spesialis kanker hati bisa mendiagnosa bahwa itu penyakit kanker dengan pengecekkan darah, kemudian USG Abdomen. Tidak perlu dilakukan CT-Scan kontras tapi bisa saja dilakukan untuk memperjelas kondisi pasien. Orang yang terinfeksi hepatitis B biasanya, kemungkinan terkena kanker hati semakin meningkat menjadi 25 – 45 persen seperti dikutip laman hepatitis B Foundation.

Kapan diharuskan operasi pada kanker hati?


Kanker hati dengan stadium lanjut atau kronis harus segera dilakukan operasi oleh dokter spesialis bedah Jakarta maupun dokter spesialis bedah tangerang. Untuk menghentikan penyebaran kanker biasanya akan dilakukan kemoterapi atau ablasi. Operasi pada kanker hati pun harus dilakukan dengan hati- hati karena bisa berdampak pendarahan.

Kebanyakan pasien ini tidak bisa menjalani operasi karena sirosis atau tumor yang sudah menyebar. Tapi apabila tumor masih berukuran 5cm maka dapat dilakukan operasi agar tidak menyebar dan hati dapat berfungsi kembali dengan normal. Untuk pasien yang tidak bisa dioperasi biasanya menggunakan cara ablasi. Dimana dokter spesialis kanker hati akan mengguanakan ethanol hangat yang diinjeksi, atau suhu yang beku untuk menghancurkan sel kanker.

  • Untuk mengatasi penyakit kanker hati ini, manusia nya sendir harus melakukan beberapa hal yaitu;
  • Rutin check up ke dokter untuk mengontrol kondisi kesehatan badan anda.
  • Minum obat sesuai anjuran dokter.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Konsumsi maknan yang mengandung banyak nutrsisi dan berizi tinggi, serta
  • Rajinlah berolahraga.

Jika kalian sadar akan gejala – gejala yang ditimbulkan makan segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kanker hati sebelum terlambat mengetahui apa yang perlu kalian lakukan. Kanker hati ini biasanya akan mengalami penurunan berat badan yang drastic, mual dan muntah, nyeri bagian perut atas, perut yang membesar tanpa sebab ini merupakan cairan yang berada pad hati atau liver, kuning seperti mata dan kulit yang terlihat kuning, tinja yang berwarna pucat, serta akan terasa lemas dan lesu.

Operasi pada kanker hati ini biasanya dilakukan oleh beberapa dokter ahli bedah digestif, dokter spesialis kanker hati, dan dokter spesialis bedah Jakarta. Karena sekali lagi, operasi ini butuh ketelitian, keahlian, dan berhati- hati dalam mengambil keputusan. Hati ini merupakan jalur untuk lewatnya darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Hati pun dapat membuat zat yang bisa menggumpalkan darah. Apabia terjadi kerusakan pada hati sebelum operasi atau setelah operasi akan memperparah kondisi pendarahan. Maka tak jarang orang yang terkena penyakit ini sangat sulit untuk di atasi. Kemo pun bisa merusak sel saraf lainnya.


Menginginkan penjelasan yang lebih jelas segera lakukan pengobatan kepada dokter spesialis kanker hati untuk membantu tubuh anda sembuh dari kanker hati. Tak hanya itu,mintalah kepada yang kuasa untuk bisa disembuhkan dan dijauhkan dari segala macam penyakit. Makanya ada pepatah bisa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena tidak semua penyakit itu bisa sembuh dengan cepat atau tanpa efek samping lainnya. Bersyukurlah untuk kalian yang masih sehat. Lakukan pola makan sehat dan olahraga yang teratur. Ingat, hindari minuman yang berbau alkohol. Dan sehat itu mahal harganya ya.

No comments:

Post a Comment