Monday, December 2, 2019

Mencegah Penyakit Fistula Ani

Mencegah Penyakit Fistula Ani



Mencegah Penyakit Fistula Ani – Semua jenis penyakit dapat disembuhkan apabila kita secara teratur melakukan pengecekan kesehatan, sehingga penyakit dapat terdeteksi sejak dini. Jadi tidak akan sampai menjadi komplikasi penyakit yang kronis atau serius. Mengenai penyakit fistula ani yang sering terjadi pada laki – laki berumur 20 – 40 tahun.

Sebagian besar penyakit fistula ani terbentuk  dari sebuah abses anus, tapi tidak semua abses bisa menjadi fistula ani. Bahkan bisa terjadi pada pasien dengan kondisi inflamasi berkepanjangan pada usus ( Irritable Bowel Syndrome/IBS, diverticulitis, colitis ulseratif, dan penyakit crohn, kanker rectum, tuberculosis usus, HIV-AIDS, dan infeksi lain pada daerah ano-rektal. Lalu bagaimana cara cegah fistula ani? Sedangkan fistula dapat terjadi dari berbagai macam penyakit yang ada ada pasien.

Mencegah Penyakit Fistula Ani


Sebenarnya ketika anda sudah mengalami gejala – gejala munculnya fistula ani seperti nyeri terus menerus pada bagian anus, apalagi saat anda ingin duduk serta mengeluarkan cairan nanah yang berbau. Dua gejala ini bisa dipastikan anda terserang penyakit fistula, sehingga yang harus dilakukan adalah pembedahan. Jadi tidak bisa dicegah kembali, hanya dapat diobati dengan anjuran dokter spesialis fistula ani.

Mencegah Penyakit Fistula Ani
Sumber : https://www.ekopriatno.com/konsultasi-dokter-spesialis-fistula-ani/


Untuk mencegah fistula ani, anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini :

Usahakan jangan menunda atau menahan ketika anda ingin buang air kecil atau besar. Karena hal tersebut dapat memicu sembelit. Di mana feses yang ada dalam tubuh akan mengeras, sehingga akan menyulitkan anda BAB. Setelahnya anda akan mengejan terlalu keras. Ini bisa berakibat fistula ani.

Biasakan minum air hangat di waktu pagi. Karena air hangat ini dapat membantu melunakan feses dan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga BAB anda akan lancar setiap harinya.

Pilih makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Dokter spesialis kanker usus menjelaskan bahwa salah satu terjadinya kanker usus bisa dikarenakan pola makan yang kurang sehat, seperti makan – makanan siap saji, minuman beralkohol, minuman bersoda, dan makanan mentah. Sebaiknya hal tersebut dikurangi atau bahkan dihindari.

Nah, sebaiknya saat ini anda atur gaya hidup yang tidak sehat menjadi sehat, seperti makan – makanan berserat, hindari makanan daging merah secara berlebihan, lebih baik makan makanan yang sudah matang dari pada anda mengikuti gaya hidup kekinian yang mencoba memakan daging mentah atau ikan mentah seperti orang asing. Kemudian rajinlah berolahraga 30 menit setiap harinya.

Segera konsultasikan kepada dokter spesialis fistula ani apabila anda mengalami gejala – gejala yang signifikan dari munculnya penyakit fistula ani. Mulailah, hidup sehat sejak dini. Banyak sekali macam penyakit yang dapat menyerang tubuh anda, bahkan sekalipun sistem kekebalan tubuh anda baik. Konsultasi dengan medical check up rutin kepada dokter untuk mengetahui anda tetap dalam kondisi tubuh yang sehat, sehingga kalaupun ada penyakit dapat terdeteksi lebih dini.

No comments:

Post a Comment