Tuesday, September 3, 2019

Operasi Batu Empedu di Tangerang







Operasi Batu Empedu di Tangerang – Operasi merupakan pengangkatan atau pembedahan yang dilakukan oleh seorang dokter ahli atau dokter spesialis bedah. Tergantung dari jenis apa penyakitnya karena berbagai macam jenis penyakit yang memang lebih sering dikarenakan oleh gangguan pada saluran pencernaan. Saluran pencernaan itu ada banyak sekali.

Operasi Batu Empedu di Tangerang


Meskipun empedu tidak memiliki peran yang begitu penting dalam tubuh tapi penyakit batu empedu ini perlu penanganan khusu apabila sudah kronis. Perlu dilakukan operasi bagi pengidap penyakit batu empedu. Dokter spesialis batu empedu biasanya akan melakukan pengecekkan awal dengan bantuan (ultrasonografi) USG pada bagian perut atau (computerized tomography) CT-Scan untuk melihat letak dari batu empedu tersebut baru bisa dilakukan operasi.

Bisa juga dilanjutkan dengan pemeriksaan untuk mencari adanya batu dalam saluran empedu. Pemeriksaan ini menggunakan MRI (magnetic resonance imaging) yang khusus untuk saluran empedu disebut MRCP (magnetic resonance cholangiopancreatography) atau ERCP (endoscopic retrograde cholangiopancreatography).

Mengapa Harus Operasi Batu Empedu?


Jarang sekali orang yang memiliki penyakit empedu ini diberikan obat, karena apabila konsumsi obat diberhentikan maka batu empedu itu akan muncul kembali. Maka sebaiknya segera diangkat melalui tindakan operasi oleh dokter spesialis bedah tangerang yang tidak kalah bagusnya dengan dokter spesialis bedah Jakarta.

Apabila gejala yang ditimbulkan belum begitu terasa bisa melakukan dengan pengobatan hanya saja dalam waktu yang sangat lama dan tidak menjamin batu empedu yang sudah meluruh akan hilang secara permanen. Obat yang digunakan itu ursodeoxycholic acid.

Jenis – jenis Makanan Untuk Penderita Batu Empedu


Kantong empedu mengalirkan cairan empedu yang diproduksi oleh hati ke usus kecil untuk membantu mencerna makanan, terutama makanan berlemak. Biasanya, gejala akan muncul ketika kolesterol sudah menumpuk dan menyumbat saluran empedu.

Gejala batu empedu ini beragam, umumnya dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian atas atau punggung belakang, mual, muntah, dan masalah pencernaan lainnya.

Kondisi ini sangat mengganggu bahkan menghambat aktivitas harian Anda. Jika Anda memiliki batu empedu, selain minum obat, menjaga dan memilih makanan itu penting. Sebab tidak semua makanan mendukung kesehatan kantung empedu, beberapa makanan mungkin bisa memperparah kondisi. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh membuat berat badan jadi terus naik.
Adapun beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita batu empedu antara lain:
1.    Sayuran dan Buah
Carilah sayura yang banyak mengandung vitamin C, kalsium, atau vitamin B. Seperti buah jeruk, stroberi, pepaya, jamur. Kenapa sayuran dan buah karena semua itu merupakan yang bebas lemak kecuali alpukat yang memiliki kandungan lemak jenuh. Perhatikan juga cara membersihkan sayuran dan buah. Gunakan air yang mengalir, cara memasaknya lebih baik di rebus atau dikukus.
2.   Biji – bijian dan Kacang – kacangan
Kenapa biji- bijian ya karena memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Meskipun kandungannya terdapat lemak tapi dengan kandungan yang lemah. Pilih lah roti atau sereal yang terbuat dari gandum.
3.   Susu bebas lemak
Biasanya, orang yang sedang menjalani diet ketat akan disarankan untuk mengonsumsi lemak hanya sebanyak 30 persen dari total kalorinya. Nah, orang dengan batu empedu justru harus mengonsumsi lemak kurang dari angka tersebut. Maka nya tak jarang orang yang melakukan diet dengan pola yang tidak benar bisa mengakibatkan penyakit batu empedu.
4.   Daging tanpa lemak
Biasa sering disebut sebagai tenderloin yang tidak ada lemaknya. Kalau mau pilih daging ayam juga bisa tapi tanpa kulit.
5.   Makanan manis
Boleh makan makanan yang manis tapi jangan terlalu banyak. Sepeti es krim, yogurt, es krim buah. Es buah tapi diperhatikan susu nya yang terdapat di es buah.
Dari semua yang saya jelaskan mungkin bisa membantu bagi sebagian penderita penyakit batu empedu. Tapi sebelum terjadi maka jagalah tubuh kalian sebelum terkena penyakit batu empedu maupun penyakit lainnya. Sehat itu mahal harganya. Dan kalian sendiri yang bisa mengubah itu semua. Bergayalah denga sehat, tidak perlu memaksakan apa yang tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebih.
Segera lakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis bedah Jakarta atau dokter spesialis bedah tangerang apabila merasakan sakit seperti tanda – tanda penyakit batu empedu. 

1 comment:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat min, sangat mengedukatif sekali. Kami dari jual tiang lampu jalan ingin menawarkan tiang listrik dengan kualitas bagus

    ReplyDelete