Sunday, September 8, 2019

Dokter Ahli Fistula Ani



Dokter Ahli Fistula Ani – Fistula ani terbentuk karena saluran kecil diantara ujung usus besar dan kulit di sekitar anus.  Penyakit fistula ani ini terjadi paling besar penyebabnya karena abses anus yang tidak tuntas penyembuhannya sehingga menyisakan saluran atau lubang kecil pada kulit di dekat anus. Abses anus ini merupakan infeksi kelenjar pada anus yang berkembang.

Penderita ini akan mengalami gejala – gejala yang akan dirasakan seperti sakit dibagian anus, keluar nanah atau darah saat buang air besar selama dan setelah buang air besar. Apabila sudah semakin parah gejala – gejala yang disebutkan akan terus terulang dan disertai dengan demam. Ketika duduk pun tidak akan terasa nyaman karena benjolan akan terasa sangat sakit.

Dokter Ahli Fistula Ani

Dokter spesialis fistula ani akan melakukan pemeriksaan awal di daerah anus. Setelah itu akan dilakukan pengecekan kedalam bagian anus untuk melihat seberapa dalam fistula ani dengan anoskopi. Untuk menegaskan kembali letak dan bentuk fistula dengan baik biasanya dokter spesialis fistula ani akan menyarankan ultarasonografi atau MRI. Setelah semua prosedur sudah dilakukan sebagaimana mestinya, dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi atau bedah.

Dokter spesialis bedah tangerang melakukan operasi fistula ani dengan berbagai macam tekhnik. Tapi sebelum melakukan perlu diketahui resiko yang akan ditimbulkan. Resikonya yaitu tidak mudah mengatur buang air besar dan fistula bisa saja muncul kembali. Kenapa dilakukan operasi? Karena penyakit fistula ani ini tidak dapat sembuh dengan sendirinya.

Cara Mengobati Fistula Ani

Seperti yang sudah saya jelaskan ada beberapa prosedur yang harus dilakukan pemeriksaan pada anus, anoskopi dan ultrasonografi. Setelah semua sudah dilakukan maka dilanjutkan dengan tindakan operasi. Dimana operasi ini juga memerlukan pertimbangan dengan posisi fistula ani. Berikut beberapa tehknik bedah yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Fistulotomi

Prosedur yang sering dilakukan saat ini. Fistulotomi ini merupakan pembedahan kulit dan otot pada lokasi fistula sehingga terdapat lubang terbuka. Prosedur ini mengharuskan pemotongan sepanjang fistula untuk membuka fistula, tehknik ini direkomendasikan untuk fistula yang tidak banyak melewati otot sfingter.

  • Seton placement

Tehknik ini dilakukan karena banyak melewati otot sfingter. Caranya yaitu dengan memasang benang bedah pada anus guna mebuka jalur keluarnya nanah dari abses agar bisa keluar. Benang yang dipasang akan dikencangkan selama bertahap kalau nanah sudah keluar sedikit demi sedikit. Setelah sudah sembuh total, benang akan dilepas. Tehknik ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya komplikasi inkontinensia alvi.





  • Advancement Flap

Tehknik pemambahan jaringan yang diambil dari rectum. Jaringan ini yang akan menutup lubang fistula. Tingkat keberhasilan dengan tehknik ini sangat kecil dibandingkan dengan fistulotomi. Tapi bisa dilakukan apabila melewati otot sfingter.

  • Bioprosthetic Plug

Adalah penyumbatan dengan berbentuk kerucut yang terbuat dari jaringan hewan. Sumbatan ini yang akan digunakan untuk memblokir pembukaan internal fistula. Tingkat keberhasilannya pun sangat kecil.

  • Lift (Litigation Intersphincteric Fistula Tract)

Ini merupakan tehknik yang masih baru untuk penanganan fistula ani. Yaitu pengangkatan fistula beserta dengan jaringan dan kelenjar yang sudah meradang.

Dari semua tehknik yang saya jelaskan, tehknik yang sering dilakukan yaitu fistulotomi.  Penyakit anus ini berbeda dengan wasir atau ambeien ya. Kalau anda merasakan disekitaran anus pun bisa ke dokter spesialisambein. Setelah pasca operasi biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik dan pereda nyeri. Dan dilakukan kontrol kembali ke dokter untuk dinyatakan sembuh total atau dilanjutkan pengobatan sampai sembuh total.

Makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit fistula ani ini yaitu harus mengkonsumsi makanan yang berserat. Karena untuk melunakan feses. Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin untuk mengobati sistem pencernaan sehingga tidak terjadi peradangan pada ujung usus besar.

Menjaga kondisi tubuh dengan baik itu modal utama orang sehat. Perlu di ingat, satu bagian tubuh yang sakit maka akan terasa sakit di tubuh lainnya. Maka dari itu walaupun sakit hanya sakit kepala tapi badan juga akan jadi tidak enak atau mata akan terasa berat itu karena sakit kepala yang kita rasakan. Tubuh kita ini satu kesatuan yang saling berhubungan. Peduli terhadap diri sendiri itu sangat perlu. Semangat sehat ya.

1 comment:

  1. bermanfaat sekali artikelnya min, jika ingin membeli gearbox jangan lupa hubungi kami jual gearbox motovario murah

    ReplyDelete